Tipe Dan Seri Ulir Stud Bolt

Stud Bolt

Ulir Stud Bolt yang didefinisikan dalam ASME b1.1 Unified Inch Screw Threads (Bentuk ulir UN dan UNR). Ulir yang paling umum berbentuk simetris dengan profil V. Sudut yang terbentuk adalah 600. Bentuk ini secara luas digunakan dalam ulir yang dipersatukan dalam bentuk UN, UNC, UNF, UNRC, UNRF sebagai ISO atau ulir metrik.

Tipe ulir Stud Bolt : Ulir Simetris

Keunggulan ulir simetris adalah lebih mudah diproduksi dan diperiksa dibandingkan dengan ulir tidak Simetris . Tipe ini paling sering digunakan dalam aplikasi pengencangan Stud Bolt dan Mur Baut lainnya. Serial ulir mencakup desain diameter atau kombinasi ukuran ulir yang diukur dengan sejumlah ulir per inch (TPI) diaplikasikan pada Diameter tunggal. Contohnya : ulir 8UNC bearti dalam panjang baut sebesar 1″ terdapat 8 ulir.

Ulir Stud Bolt pada umumnya seri ulir kasar ( UNC )

Seri ulir kasar (UNC/UNRC) adalah yang paling banyak digunakan dalam sistem ulir dan diaplikasikan sebagian besar pada Heavy Hex Bolt A325 , Angkur ( Anchor Bolt ), Baut gr 5, Baut Stud dan Heavy Hex Nut gr A563 dan gr 2H. Ulir kasar digunakan untuk ulir pada material kekuatan rendah seperti besi, baja ringan, tembaga dan logam campuran lebih lunak, alumunium dan lain-lain. Ulir kasar juga lebih toleran dalam kondisi Hot Dip Galvanis dan menjadikan perakitan dengan cepat.

8 seri ulir (8UN) merupakan ulir spesial dari seri ulir Stud Bolt yang membentuk metode untuk beberapa produk standar ASTM , contohnya A193 B7,  A193 B7M,  A193 B16/L7 , dan  A320 B8/B8M. Seri ini sebagian besar digunakan dengan diameter lebih dari 1″. Seri ulir halus (UNF/UNRF) paling umum digunakan dalam aplikasi presisi dan yang memerlukan kekuatan pegas lebih tinggi dibandingkan seri ulir kasar.

Please follow & like us :
Post Tagged with
Comments are closed.