Kenali Jenis Tie Rod Bekisting dalam Konstruksi Bangunan

Tipe Tie Rod Bekisting Bangunan RumahTipe Tie Rod Bekisting Bangunan RumahTipe Tie Rod Bekisting Bangunan Rumah

Jenis Tie Rod Bekisting Bangunan Rumah

Sekiranya Anda belum mengetahui sebelumnya, tie rod bekisting merupakan aksesoris sementara yang terbuat dari besi baja dengan tambahan drat tertentu dan dilengkapi dengan pengunci yang disebut sebagai wing nut. Tie Rod memiliki tujuan utama untuk mengikat bekisting (formwork) sebelum proses pengecoran dimulai. Dengan demikian, bentuk beton yang telah dicor tidak akan berubah dan posisi bekisting akan tetap sesuai dengan desain yang diinginkan. Bekisting beserta aksesoris pelengkapnya seperti tie rod dan wing nut sangatlah penting dalam membentuk struktur beton guna mewujudkan elemen struktur dengan dimensi yang sempurna. Oleh karena itu penting pula bagi Anda untuk mengenal jenis tie rod bekisting berdasarkan bahan baku dan ukuran diameternya, sebagaimana yang akan kita bahas berikut ini.

Jenis Tie Rod Bekisting : FLAT TIE

Bagian internal dan penahan eksternal merupakan dua komponen yang terdapat pada tie rod untuk bekisting. Pada saat beton mengeras, pelepasan penahan/ pengikat pada bekisting tersebut tergantung dari jenis pengikat itu sendiri ( ada yang dapat terlepas, ada pula pengikat yang tidak terlepas ). Adapun jenis tie rod berdasarkan bahan baku yang digunakan dalam pembuatannya yaitu flat tie, loop tie, fiberglass tie, snap tie, taper tie dan threaded tie. Kesemua jenis tie rod tersebut hadir dalam berbagai ukuran diameter, mulai dari 10mm, 12mm, 16mm dan 22mm. Jenis flat tie adalah jenis yang terbuat dari bahan pelat baja pipih dimana terdapat lubang-lubang pada setiap ujungnya yang bertujuan sebagai pengunci dengan menggunakan pin dan baji. Karena tidak dapat dilepaskan dari beton yang telah mengeras, oleh karena itu jenis flat tie ini hanya digunakan unruk sekali saja.

Tipe Tie Rod Bekisting : Fiberglass Tie

Sistem tie rod bekisting adalah sebagai alat penopang kekuatan untuk berbagai konstruksi bangunan seperti terowongan, dinding tebal, jembatan, Gedung skyscraper atau bangunan besar lainnya. Dilengkapi dengan berbagai system penghubung, sebatang baja berkualitas ini didesain guna dapat menopang panel bekisting (formwork) agar tetap pada posisinya. Berbicara mengenai jenis tie rod fiberglass, jenis ini relatif baru dikembangkan dimana terbuat dari resin dan serat kaca. Panjangnya dapat dipotong dengan mudah sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan dan pemasangannya pada bekisting dengan menggunakan sistem penguncian tie wedge dan gripper. Jenis tie rod ini tersedia dalam berbagai warna dan dapat dipotong pada permukaan beton saat beton mengeras. Fiberglass tie juga berkapasitas penopang beban lebih tinggi bila dibandingkan dengan jenis tie rod lainnya.

Tipe Tie Rod Bekisting Ujungnya Berulir : Taper Tie dan Threaded Tie

Pada umumnya, jenis taper tie ini berupa batang lancip dimana kedua ujungnya diberi drat/ulir. Kedua ujung batang tersebut dikunci dengan menggunakan mur sayap (wing nut) dan sistem pencuci (washer system). Ketebalan ddinding yang dibutuhkan bisa diatur dengan Panjang dari taper tie yang berbeda. Adapun Panjang standar setiap batang adalah 34-60 inci (86,36 – 152,4cm). Taper tie adalah jenis yang dapat dilepaskan saat beton telah mengeras, oleh karena itu, perlu diolesi dengan gemuk sebelum dipasangkan agar nantinya dapat dengan mudah dilepaskan. Seperti halnya taper tie, threaded tie memiliki desain yang serupa tapi tidak sama. Sesuai dengan namanya, alat pengikat yang satu ini berbentuk logam Batangan dengan ulir-ulir sepanjang badan (dari ujung ke ujung). Pada setiap ujungnya juga dilengkapi dengan sistem pencuci dan mur sayap. Untuk dapat dikeluarkan dari beton saat telah mengeras, sekujur batang alat ini perlu dilapisi selongsong plastik.

Jenis Terot Bekisting : Loop Tie

Loop tie adalah jenis tie rod bekisting terakhir yang akan kita bahas. Berbentuk sebatang logam dengan bagian ujung dilingkarkan agar terdapat lubang untuk dapat dikunci dengan pin dan baji. Setiap jenis pengikat beton memiliki kapasitas masing-masing dalam menopang bobot beton. Penggunaan jenis loop tie ini umumnya untuk pekerjaan konstruksi yag cenderung ringan, dimana hanya dapat menopang antara 1020 – 1700 kg. Adapun kapasitas terbesar dipegang taper tie dan threaded tie yang mampu menahan beton hingga 19.821 kg. Karena penampangnya yang cenderung lebih lemah, loop tie tidak dapat dilepaskan dari beton yang telah mengeras. Demikianlah pembahasan mengenai jenis tie rod bekisting yang perlu Anda ketahui dan semoga bermanfaat. Hubungi CV Perdana Surya Niaga untuk urusan pengadaan bahan dan alat bangunan terpercaya.

Please follow & like us :
Comments are closed.
error: Content is protected !!